Kick Off Reformasi Birokrasi KPU Kabupaten Malaka
Kamis, 10 Februari 2022 KPU Provinsi NTT menyelenggarakan kegiatan dengan tema kick off pembangunan komitmen pelaksanaan reformasi birokrasi tahun 2022 secara serentak yang digelar secara virtual dan dihadiri oleh seluruh Pimpiman KPU dan Sekretariat KPU Provinsi, KPU dan Sekretariat KPU Kabupaten/Kota se-NTT, turut hadir juga secara virtual, Arif Budiman Anggota KPU RI yang membidangi Divisi Sumber Daya Manusia membuka kegiatan Kick off Reformasi Birokrasi Tahun 2022 tingkat KPU Provinsi NTT secara resmi, disela itu menyampaikan bahwa “Setiap kita melangkah dari satu periode ke periode berikutnya, dari tahun ke tahun berikutnya, harus mencatatkan hal yang lebih baik, harus selalu mewariskan hal yang lebih baik. Jadi melalui kepentingan kita melakukan sesuatu yang baik, itu bukan hanya untuk kepentingan saat ini, bukan hanya untuk kepentingan situasi sekarang, tapi jauh lebih penting adalah untuk kepentingan generasi yang akan datang. Jadi Bapak/ibu bisa bayangkan, jika generasi yang akan datang tidak kita siapkan dengan baik maka sesungguhnya kehancuran, keruntuhan itu hanya soal waktu”
Makna dari reformasi birokrasi adalah melakukan perubahan dan perbaikan pada sistem penyelenggaraan pemerintah terutama pada kelembagaan, sumber daya manusia aparatur. Dalam pelaksanaanya pasti ada berbagai hambatan dan permasalahan yang mengakibatkan sistem birokrasi tidak sesuai yang diharapkan, harus ada tata kelola pemerintahan yang baik.
Diera teknologi, informasi dan komunikasi yang berkembang pesat, perlu kepedulian bagi lembaga untuk segera memperbaharui sistem yang lama menjadi sistem yang baru, sehingga sesuai dengan dinamika tuntutan masyarakat.
Penyelenggara pemilu khususnya KPU adalah salah satu lembaga strategis dalam proses kehidupan berbangsa dan bernegara, perlu mengambil langkah strategis sehingga tujuan dan sasaran yang mendasar yang telah ditetapkan dapat dicapai secara efektif dan efisien. Mari kita memulai perubahan awal dengan pelayanan Sapa, Salam dan Senyum.